Home » , , , » Software edit video recommended dari pemula sampai profesional

Software edit video recommended dari pemula sampai profesional

Posted by In My Opinion

Untuk kalian jika ingin mencoba menjadi film maker, iseng iseng mau buat film pendek, atau dapet tugas dari guru atau dosen untuk membuat video. Kali ini saya akan memberi tau tentang software editing video yang recommended dari kelas pemula sampai kelas profesional.


Jadi, jangan takut untuk belajar. Film making itu asik. Walaupun awalnya agak ribet. Tapi kalau belajar dan mengikuti langkah langkah pasti bisa.

Wondershare
Wondershare
Tampilan wondershare

Untuk kalian yang baru ingin belajar, wondershare adalah software yang sangat tepat. Wondershare mempunyai pilhan edit yang mudah dan lumayan bagus. Control masing masing toolsnya sangat mudah dimengerti. Misalnya text, filter, dan template.

Ukurannya pun tidak besar. Otomatis softwarenya pun tidak berat. Bahkan untuk laptop atau pc dengan spesifikasi yang bisa dibilang rendah sekalipun bisa dengan lancar menjalankannya. Wondershare adalah awal yang baik untuk menjadi film maker profesional. 

Sony vegas
Sony Vegas Pro
Tampilan Sony Vegas Pro 13

Sony vegas mampu memberikan kita perasaan "menjadi seorang profesional". Karena sony vegas bisa dibilang software editing pemula tapi profesional. Dengan sony vegas kita bisa membuat video pendek maupun film yang lumayan bagus.

Jika kalian ingin menjadi youtuber, vloger, atau apapun vegas bisa menjadi pilihan yang tepat. Filter pun tersedia dengan sangat lengkap. Dan sony vegas juga bisa dibilang full control. Artinya kita bisa memegang kendali penuh terhadap video itu. 


Dengan fitur fitur yang jauh lebih lengkap dari wondershare, kita dapat dengan mudah mengedit semua bagian dan unsur unsur dalam video yang kalian ingin edit. 

Dengan software ini juga saya mengikuti berbagai lomba film pendek. Dan saya akui software ini cukup membantu dan sangat mudah untuk di gunakan. Pilihan format saat merender juga sangat lengkap. Jadi tidak perlu khawatir untuk resolusi. Mulai dari resolusi rendah sampai full HD. 

Adobe premiere pro
Adobe Premiere Pro
Tampilan Adobe Premiere Pro

Software ini buatan perusahaan raksasa software, adobe. Adobe terkenal dengan software software multimedianya seperti photoshop, ilustrator, dan adobe premiere pro adalah salah satunya. 

Sebenarnya fungsi dari adobe premiere pro hanya untuk menggabungkan scene scene dalam film. Pilihan toolsnya banyak. Tapi kurang lengkap. Hanya ada tools standar seperti crop, time stretch, dan lain lain.

Biasanya adobe premiere pro dipadukan dengan adobe after effect untuk visual effect dan adobe audition untuk mengedit sound. Jadi ada software software pendukung lain dari adobe. Tapi memang bagi yang sudah profesional tidak akan kecewa memakai software ini.

Adobe after effect
Adobe After Effect
Tampilan Adobe After Effect

Software ini biasanya dipadukan dengan adobe premiere pro. Bedanya, kalau premiere pro untuk menyambungkan scene video. Kalau adobe after effect fungsinya untuk mengedit setiap scene sebelum diolah dalam premiere pro.


After effect digunakan untuk menambahkan effect effect pada setiap potongan video. Tapi, adobe after effect bisa dibilang mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Terutama untuk para pemula.

Pada after effect semuanya serba manual. Bahkan effect effectnya belum tersedia dalam software. Jadi kita harus mendownload plugin plugin di internet. Dan biasanya plugin plugin itu berbayar dan harganya cukup mahal. Makanya adobe after effect biasanya digunakan oleh para profesional.



Itu lah software editing video / film yang recommended untuk para pemula sampai yang profesional. Sebaiknya kita belajar secara bertahap agar bisa menguasainya dengan maksimal dan perlahan kalian akan menjadi seorang film maker profesional.


0 comments:

Post a Comment