Home » , , , , » Belajar fotografi: Cara menjadi fotografer profesional dengan kamera hp / smartphone, 15 TIPS DAN TRIK

Belajar fotografi: Cara menjadi fotografer profesional dengan kamera hp / smartphone, 15 TIPS DAN TRIK

Posted by In My Opinion



Kali ini saya akan share cara fotografi dengan smartphone untuk menciptakan gambar yang bagus. Hal ini mudah bila kita bisa memahaminya. Dalam belajar photography, kita harus mengetahui berbagai teknik photography agar menjadi fotografer profesional. Be good photographer

Dalam fotografi, ada 3 hal penting yang harus diperhatikan. Yaitu ISO, aperture, dan shutter speed. Tapi, dalam smartphone, itu tidak bisa dilakukan kecuali pengaturan ISO. Kenapa ? Karena lensa kamera pada smartphone tidak bisa bergerak. Jadi pengaturan lensa tidak mungkin dilakukan pada smartphone. Kecuali beberapa smartphone yang support dengan semua itu.
Baca juga: Setting manual kamera

Tapi bukan berarti fotografi menggunakan smartphone hanya sebatas setting ISO saja. Banyak settingan lain seperti exposure, white balance, dan lainnya. Nah, kita akan bahas satu persatu. Let's check this out !

ISO
Pada dasarnya, semakin kecil ISO, maka gambar akan semakin gelap. Tapi, semakin sedikit noise. Semakin tinggi ISO, maka gambar akan semakin terang tapi lebih banyak noise. Tapi jangan paksakan menggunakan ISO yang sangat kecil. Pakai ISO kecil, tapi jangan membuat gambar terlalu gelap. Karena di smartphone tidak bisa mengatur aperture, dan shutter speed. Berikut adalah perbedaan beberapa tingkatan ISO:
ISO 100

ISO 200

ISO 400

ISO 800

Exposure
Exposure adalah paparan cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera. Itu berarti semakin banyak paparan cahaya, berarti semakin terang hasil gambar. Apakah setiap memotret harus menggunakaj exposure tinggi ? Tidak ! Tidak semua hasil foto yang terlalu terang itu bagus. Terkadang kita harus sedikit meredupkan hasil foto agar terlihat bagus.

White balance
White balance adalah menu untuk kita mengatur suasana foto. Kita bisa memilih untuk beberapa suasana. Misalnya cloudy, untuk suasana langit cerah berawan. Dan daylight untuk suasana siang hari.

Focus
Dalam dunia fotografi focus dibagi menjadi 2. Yaitu manual focus dan auto focus. Dalam smartphone, biasanya tidak memiliki menual focus. Tapi sekarang sudah banyak yang memiliki fitur manual focus. Seperti salah satu contohnya LG G4.


Dan ada juga beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hasil foto. Check this out !

Resolusi kamera
Hardware sangatlah berpengaruh pada hasil gambar. Semakin tinggi resolusi kamera, semakin tinggi spesifikasi, maka semakin tinggi juga kualitas gambar. Untuk smartphone zaman sekarang, paling tidak untuk menghasilkan foto yang bagus setidaknya beresolusi 8mp atau lebih. 8mp menurut saya sudah cukup untuk menghasilkan gambar dengan kualitas tinggi.

Lensa tambahan
Banyak lensa tambahan untuk smartphone. Lensa tele, wide, fish eye, dan macro. Lensa tambahan juga bisa mempengaruhi hasil foto.
Baca juga: Lensa tambahan untuk smartphone

Angle
Angle kamera sangatlah penting dalam fotografi. Dalam fotografi menggunakan smartphone, angle sangat penting karena full setting manual tidak bisa dilakukan di smartphone. Oleh karena itu angle dapst membantu untuk memperindah hasil foto.
Baca juga: Macam macam angle kamera

Hand shaking
Ini sangat penting. Hindari lah hand shaking dalam fotografi. Apalagi dalam smartphone. Karena jika terjadi hand shaking, maka foto akan blur, dan otomatis foto menjadi jelek. Topang lah siku kalian di perut untuk menstabilkan kamera.



Dan, kita masuk ke tips dan trik untuk fotografi menggunakan smartphone. Check this out !

Kombinasikan unsur unsur fotografi
Kombinasikan fitur yang ada di smartphone. ISO, exposure, dan white balance. Cari settingan yang pas dan sesuai selera.


Latih cara memegang kamera
Salah dalam pemegangan kamera bisa membuat hasil foto jelek. Karena posisi tangan yang salah dapat menyebabkan hand shaking.


Gunakan aplikasi olah gambar
Keindahan hasil foto juga bisa ditunjang dengan aplikasi edit foto. Dengan di edit hasil foto akan lebih nyata dan lebih bagus.


Gunakan aplikasi kamera yang memiliki setting lengkap
Kamera bawaan smartphone tidak punya setting yang terlalu lengkap.  Tapi banyak aplikasi kamera yang menawarkan setting lengkap dan menawarkan mode mode foto yang beragam.


Pergi keluar untuk dapat objek foto
Ini sangat penting. Jangan berdiam diri dirumah. Alangkah baiknya kita pergi keluar dan mencari objek foto yang unik. Dengan begitu kalian bisa mengasah skil kalian. Jika kalian tak sempat untuk keluar rumah, buat lah studio mini dirumah untuk memotret berbagai macam benda.


Tripod + wireless shutter
Untuk menghasilkan gambar yang jelas dan bagus, bisa kalian coba menggunakan tripod dan wireless shuter. Karena saat kita menyentuh smartphone untuk memotret, smartphone akan bergoyang dan tidak stabil.


Tripod + timer
Jika kalian belum punya wireless shutter, kalian bisa menggunakan timer agar smartphone dapat mengambil gambar secara otomatis dengan waktu yang telah ditentukan. Dengan cara ini kamera akan stabil karena tidak disentuh.


Usahakan pencahayaan cukup
Cari lah tempat yang terang untuk melakukan fotografi. Jika didalam ruangan, gunakan lampu tambahan. Sebagai alternatif kalian bisa menggunakan lampu LED USB yang kini sudah banyak dijual. LED USB di hubungkan ke powerbank lalu arahkan ke objek foto.


Perhatikan background
Perhatikan background saat hendak melakukan fotografi, Jika background terasa tidak cocok dengan objek, lebih baik ditutupi atau pindah ke tempat yang lebih sesuai.


Pilih angle yang sesuai
Pilih angle untuk menggambarkan karakter objek. Angle sangat penting untuk menyampaikan isi makna yang terkandung dalam foto.


Perhatikan arah cahaya
Usahakan arah cahaya searah dengan objek. Jika cahaya ada di belakang pbjek, otomatis objek akan menjadi gelap. Kecuali kalian ingin membuat foto contre jour.


Aktifkan grid
Untuk menghasilkan gambar yang simetris, aktifkan grid pada kamera. Grid berfungsi untuk mengetahui letak presisi dari objek.

Aktifkan grid saat fotografi
Aktifkan gridlines



Hindari LED Flash
LED flash pada smartphone tidak sebagus flash pada DSLR. Jika kita menggunakan flash pada smartphone gambar akan kurang fokus. Dan kualitas gambar menurun.


Perhatikan warna dan filter
Perlu diperhatikan, filter tidak cocok untuk semua warna. Kalau kalian memilih filter yang tidak cocok dengan warna itu, maka objek akan terlihat kurang bagus.


Jangan cuma mengambil satu gambar
Ambilah banyak gambar agar tidak menyesal nantinya. Ambil banyak gambar dan pilih satu yang terbaik. Jika kita mengambil hanya satu gambar, gambar akan kurang maksimal.



Itu lah yang harus kalian lakukan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Semoga bermanfaat. Jangan lupa share ke teman teman kalian guys.


10 comments:

  1. Nah ane susah buat ngatur supaya bagus dipotret di hp ane, karena hp ane android yg lumayan jadul :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau lumayan jadul, jangan ambil foto yang beresiko. Misalnya terlalu dekat, terlalu gelap, atau terlalu terang. :)

      Delete
  2. Biasa ambil gambar pake focus sama exposure gitu, triknya joss! ane coba terapin

    ReplyDelete
  3. wahhh lengkap banget nih infonya.. bener tuh yg handshaking, setau ane ada latihannya supaya ngurangin handshaking kaya pushup dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gamau susah susah nyetabilin tangan, lebih mudah pakai tripod.

      Delete
  4. nice, saya suka, terang dan lengkap. memang mode manual bisa ngeboost kualiti dari hasil jepretan kamera kite

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete